Rabu, 26 September 2018

Public Relations Writing.

Hai pembaca blogger setia aku, apa kabar nih? 
sekarang aku kembali lagi mengeksplor isi dari blog ini dan kalian bisa membacanya semoga bisa menjadi ilmu buat kita semua.
kali ini aku akan bahah mengenai PR Writing yang tentunya sudah tidak lagi asing di denganr oleh kita semua, nah apa sii public relations writing itu ada yg biasa di singkat dengan PR Writing.
 Public Relations Writing (PR Writing)  adalah segala bentuk penulisan naskah public relations dalam sebuah organisasi/instansi.
PR Writing terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing memiliki gaya penulisasn (style) berbeda.
  1. Naskah (Script), di antaranya naskah pidato (speech writing), presentasi (presentation)
  2. Siaran (Release), siaran pres (press release), journal magazine (majalah internal)
  3. Laporan (Report), laporan tahunan (annual report)
  4. Profil (Profile), profil perusahaan dan produk (company profile and product)
  5. Pomosi (Promotion),
  6. naskah tulisan promosi dalam bentuk artikel sponsor (advetorial), brosur, kalender, billboard dll.
 Press Release
Press release merupakan produk PR Writing yang paling sering dibuat suatu organisasi. Siaran pers ini berupa berita singkat yang fungsinya menginformasikan kegiatan yang telah atau akan dilakukan organisasi. Press Release bisa menggunakan media cetak ( Koran, majalah) atau media elektronik seperti televisi, radio maupun internet.
Hal-hal penting menyangkut press release :
  1. Berbentuk short news, dengan format 5W + 1H, yakni Who, What, When. Where. Why, How.
  2. Struktur kalimatnya menggunakan bentuk primida terbalik, yang menandakan berita yang paling penting diletakan paling atas, dalam lead (intro) tulisan.
  3. Menggunakan kalimat langsung.
  4. Informasi yang disampaikan actual dan akurat.  

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Company Profile :
  1. Menampilkan aspek perusahaan, susunana komisaris, struktur organisasi sampe kantor-kantor cabang yang ada.
  2. Dikemas dalam suatu sajian yang “khusus”, eksklusif, baik dalam bentuk cetak mauopun elektronik.
  3. Menampilkan segi histories dan filosofis perusahaan/organisasi.
  4. Diterbitkan tidak terlalu sering, kecuali kalau ada perubahan prinsipil.
  5. Daftar isi company profile biasanya berisi :
    1. Introduksi
    2. Kata Pengantar atau sambutan Dewan Komisaris atau Direktur Utama.
    3. Historis dan struktur organisasi perusahaan
    4. Produk barang/jasa yang ditawarkan
    5. Kinerja dan manajemen perusahaan/organisasi
    6. Nilai asset dan kekayaan perusahaan.
    7. Pengembangan perusahaan, bisnis dan SDM
    8. Prospek dan tantangan yang dihadapi perusahaan pada saat sekarang dan akan datang
    9. Daftar kantor cabang, alamat, telepon dan lain-lain.
     
     eknik Penulisan Humas (Public Relations Writing) adalah keterampilan menulis (writing skill) khas Humas/PR dalam menghasilkan naskah-naskah yang diperlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan/organisasi. Tipe-tipe panulisan atau naskah PR dapat dibagi menjadi dua bagian: 
    1. Berkaitan dengan Media Relations/Press Relations, seperti naskah press release (siaran pers), advertorial, dan press conference (press kit/media kit).
    2. Berkaitan dengan media promosi, informasi, dan komunikasi perusahaan/organisasi, seperti naskah untuk dipublikasikan di newsletter, in house magazine/Company Magazines, naskah laporan tahunan (annual report), company profile, leaflet, booklet, brosur, dan sebagainya.
     
    Untuk menghasilkan naskah yang baik (good writing), Humas/PR harus memiliki keterampilan jurnalistik layaknya wartawan, seperti pemahaman tentang nilai berita (news values), Bahasa jurnallistik (language of mass communications), kode etik jurnalistik, dan sebagainya.
    Untuk kepentingan publikasi yang luas, Humas/PR membutuhkan peran media. Karena itu, diperlukan sebuah hubungan yang baik dengan kalangan pers/media massa (Press/Media Relations). Agar hubungan itu tercipta dengan baik, Humas perlu mengenali dunia pers dengan baik pula, seperti karakteristik wartawan, format media, cara kerja wartawan/media, dan sebagainya.
     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

contoh press release polda

Kepolisian Daerah Metropolitan                                  Phone   : 021-5234001 Jakarta Raya                                    ...